Senin, 21 Januari 2013

Antara AM PM, Siang dan Malam

Dulu, waktu belum kuliah di sastra Inggris, saya masih sering lupa juga cara membedakan waktu siang dan malam dalam ungkapan bahasa Inggris. Antara AM dan PM. Terutama menentukan AM PM tepat pada pukul 12. Jam 12 siang itu bahasa Inggrisnya 12 AM atau 12 PM? Ragu atau bingung? Yuk, kita bahas di bawah.

AM dan PM adalah istilah yang digunakan untuk membedakan waktu siang dan malam. Membagi waktu yang 24 jam ke dalam 2 periode. Siang dan malam. Namun, dilihat dari matahari ya tidak persis seperti itu juga.

Secara bahasa, AM PM ini adalah serapan dari bahasa Latin. AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem yang berarti before noon= Sebelum tengah hari. PM singkatan dari Post Meridiem yang berarti after noon= setelah tengah hari.

Dengan memahami arti istilahnya maka bisa kita tentukan bahwa AM itu digunakan untuk menunjukkan waktu dari pukul 12:00:00 tengah malam hingga pukul 11:59:59 tengah hari. Karena AM berate sebelum tengah hari. Dan PM digunakan untuk menunjukkan waktu antara pukul 12:00:00 siang hingga 11:59:59 malam. Sehingga sekarang kita tahu bahwa jam 12 siang itu adalah 12 pm, dan untuk malamnya 12 am.

Sekarang timbul pertanyaan. Kenapa jam 12 siang itu 12 pm. Bukankah seharusnya setelah 11 am itu adalah 12 am. Kembali, jawabannya ada pada singkatan AM PM tersebut, seperti penjelasan di paragraph sebelum ini:

AM = Ante Meridiem (before noon = sebelum tengah hari)

PM = Post Meridiem (after noon = setelah tengah hari).

Demikian penjelasan singkat mengenai AM dan PM ini. Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi J

Terimakasih telah menyimak.

*Picture by Google