Bagi Sobat Bloggers yang mau tukeran link, monggo ditunggu konfirmasinya di email feribatahan@yahoo.com ya. Terimakasih dan tetap SEMANGAT Kakak! ****** Yang ingin berdiskusi tentang Customer Operation, Contact Center, People Management, Ecommerce, Digital Marketing hingga Hypnotherapy juga boleh via WA +6281999798081:)

Tuesday, October 30, 2012

Menentukan Hari dari Tanggal di Excel

Salam belajar,

Setelah agak sedikit lama tidak update di menu excel ini, mari berjumpa kembali bersama saya di trik sederhana pada formula MS Excel.

Kali ini kita membahas tentang hari dan tanggal di sheet excel. Misalnya anda menemukan data berikut di excel: 17/08/1980 (baca: Tujuh Belas Agustus 1980. Lalu Anda ingin mengetahui, jatuh pada hari apakah di tanggal tersebut? Anda tidak perlu melihat kalender di tahun tersebut untuk menentukan harinya; repot banget kalo hatus bolak bailk kalender bertahun-tehun :). So? Cukup dengan 2 cara sederhana saja, maka Anda akan bisa tentukan langsung hari apa di tanggal tersebut.

Berikut penjelasannya:

Cara 1. Ubah format sel tersebut. Klik-kanan sel tadi, Format Cells. Pilih Custom di Category dan tulis “dddd” (tanpa tanda petik) di Type. Nama hari pada tanggal tersebut akan muncul di sel yang sama. Jika ingin nama hari muncul di sel yang lain, Anda tinggal menyalin sel yang berisi tanggal tadi ke sel baru lalu mengganti format selnya seperti di atas.

Cara 2. Misalkan sel yang berisi tanggal ada di A1. Anda bisa menulis formula ini di sel lain: =TEXT(A1,"dddd").

Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.

2 comments

makasih informasi,
ane kira gak ada cara untuk mencari hari ternyata bisa.
tapi jujur ane bingung dengan kedua cara diatas, jadi ane kombinasikan kedua cara diatas, jadi ane ketik =a1
terus ane edit kolom tersebut seperti totor cara 1 diatas

Terima kasih Informasinya yaa..
Karna informasi dari mas Feri tentang merubah format tanggal menjadi nama hari "dddd" akhirnya saya tidak harus ngetik satu persatu hari yang ada di report saya...

salam Sukses Selalu,

Bambang